Tipe Mahasiswa Di Indonesia Yang Perlu Anda Ketahui

cosmoskolej.org – Untuk anda yang saat ini berada di bangku kuliah, tentu hal itu menjadi keistimewaan tersendiri bagi anda. Tentu hal ini bisa anda rasakan ketika anda baru saja lulus dari masa-masa SMA, dimana pada saat memasuki masa kuliah akan banyak sekali perbedaan yang dirasakan. Perbedaan ini umumnya ada di sistem pelajaran, jadwal dan seragam yang dikenakan saat kuliah. Sistem pelajaran di kampus biasanya disesuaikan dengan jurusan yang diambil, juga untuk jadwal dan seragamnya menyesuaikan.

Ketika menjadi mahasiswa, setidaknya ada tiga tipe mahasiswa yang setiap pembagian memiliki keunikan tersendiri. Sudah penasaran termasuk mahasiswa mana kah kamu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Tipe kunang-kunang

Mahasiswa tipe kunang-kunang ini merupakan tipe mahasiswa yang rutinitasnya hanya, kuliah nongkrong kuliah dan nongkrong seperti itu seterusnya. Biasanya lokasi favorit mahasiswa seperti ini adalah kantin, kos-kosan, tempat perbelanjaan dan wilayah sekitar kampus. Mereka biasanya hanya ingin nongkrong, bermain game, atau sekedar jalan-jalan di mall.

Mahasiswa jenis ini biasanya selalu terlambat ketika berangkat ke kampus, nilainya pun biasa-biasa saja karena mereka tidak terlalu fokus pada mata kuliah yang diajarkan. Namun dari kebiasaan nongkrong ini, banyak mahasiswa lain yang mengikuti perkembangan penampilan mereka. Karena mereka selalu up to date akan penampilan, sehingga setiap ada penampilan baru maka mereka akan mengikutinya.

  1. Mahasiswa kupu-kupu

Tipe selanjutnya adalah mahasiswa kupu-kupu, pasalnya rutinitas mahasiswa jenis ini adalah kuliah pulang dan seperti itu seterusnya. Berbeda dengan kunang-kunang yang rutinitasnya kuliah nongkrong, kupu-kupu lebih memilih kuliah pulang untuk rutinitasnya. Biasanya mahasiswa tipe ini akan langsung pulang ke rumah selepas kuliah, kalaupun tidak pulang mereka akan menghabiskan waktunya di perpustakaan untuk membaca atau belajar. Mahasiswa tipe inilah yang biasanya mendapatkan nilai bagus pada setiap pelajaran,dan mereka pulayang biasanya memiliki masa studi paling singkat.

Baca juga : Jenis-Jenis Mahasiswa Yang Mewarnai Kehidupan Kampus

Tentunya mahasiwa jenis ini banyak disukai teman-temannya, karena bisa mencontek kepadanya ketika ada tugas atau ujian yang diberikan. Kelebiahn dari mahasiswa jenis ini sudah pasti dari nilai yang didapatkannya, namun mahasiswa tipe ini memiliki teman yang sedikit karena memang kurang bergaul. Bahkan mereka juga enggan untuk ikut kedalam organisasi, padahal di dunia kerja lebih mengutamakan orang yang memiliki pengalaman berorganisasi.

  1. Mahasiswa kura-kura

Tipe mahasiswa kura-kura ini maksutnya adalah mahasiswa yang rutinitasnya hanya kuliah dan rapat saja. Biasanya mahasiswa jenis ini merupakan aktivis, umumnya selepas mata kuliahan selesai mereka akan langsung menghadiri seminar, rapat kegiatan, kajian workshop dan berbagai keilmuan lainnya. Umumnya mereka banyak menggeluti organisasi kemahasiswaan, baik organisasi dalam kampus maupun luar kampus.

Umumnya mahasiswa jenis ini memiliki wawasan yang sangat luas, juga merekalah yang menjadi penyambung lidah mahasiswa lainnya.

Cerita Mahasiswa